Selasa, 03 Juli 2012

Case Closed


Apa sih yang gue pengen tulis? Gue kepengen banget cerita hal yang terjadi sama gue bertahun-tahun lalu (lupa kapan dan emang ngga pengen gue inget lagi). Honestly gue udah nyeritain secara ber-prosa diblog ini (sila search yang mana yang paling mirip), namun kali ini gue mau nulis dengan gaya bahasa beda, dan posisi hati gue yang sudah pulih, muak akan keberulangan dan bahasa ambigu didunia maya plus orang-orang yang masih aja ikut-ikutan sotoy.

Bersahabat, ngga selamanya berjalan mulus, butuh penyesuaian diri masing-masing, apalagi teman kecil yang baru saja ketemu setelah bertahun-tahun. Kebayang dong senengnya kayak apa? Intens pertemuan juga menggelora dan banyak bercerita. Itu yang gue rasa pas awal-awal, ngga ada perasaan apapun, seneng-seneng aja, dia curhat gue dengerin, dia bilang gini gitu ya gue percaya aja (kalau ngga percaya juga ngga ada manfaatnya buat gue). Dia baik, baikkk banget, saat itu gue baru-baru awal kerja tapi dia udah terlihat mantep dari penampilan dan apa yang dia punya. Iri? Ngga sama sekali, kepengen seperti dia? ya iya, someday lah.. cuma gue masih seneng ngejalanin prosesnya, karena gue masih banyak kebutuhan buat adik-adik gue, dan mereka adalah prioritas saat itu, gue belajar buat ngga egois dan mengalah dalam hal buang-buang uang.

Seiring berjalannya waktu dan intensitas gue memang berasakan agak aneh dengan segala cerita-ceritanya, yes.. gue punya kecurigaan, tapi itu cuma dalam hati, ditanya juga ngga mungkin, gue berprinsip pasti gue akan tahu jawabannya kalau memang, kecurigaan itu benar.  Lagian ngapain sih gue ngurusin amat, itukan pribadinya orang, ngga penting buat gue untuk sebegitu carenya, ada hal-ruang yang memang khusus diciptakan untuk kebebasan diri buat nentuin jalan hidup mana yang kita pilih, ya toh???

Sampe suatu ketika gue dikenalin sama seseorang yang berhubungan langsung dengan sahabat gue ini. Dia pikir gue sama sahabat gue udah lama banget deket, jadi gue tau banget sahabat gue ini (kesehariannya bla bla). He’s wrong, gue ngga tau, gue baru tau permukaan, ngga kedalem. Sahabat gue ngasih nomor gue ke dia plus wejangan kalau ada apa-apa bilang gini ya, gitu ya.. bla blaa.. Gue jadi semacam jembatan diantara mereka, yang satu ngomong gini, yang satu ngomong gitu, yang satu bilang jangan kasih tahu, yang satu bilang tolong sampein begini begitu...

Posisi gue serba ngga enak, gue serba bingung, lama-lama gue dijejelin cerita-cerita yang sama sekali ngga pengen gue denger dari mereka, that’s their own business, harusnya itu mereka sendiri yang selesaiin berdua tanpa harus lewat gue. Sedih banget, gue sedih, i can’t control my self, gue bingung banget saat itu, keduanya sama-sama ngotot ingin dipentingkan, dipercayakan, entah gimana caranya entah yang mana yang benar, aku sama sekali ngga tahu. Ngomong kesini salah, jangan, kesitu salah, jangan, terlalu banyak yang gue keep sampai akhirnya terlalu banyak konflik yang ngejelimet.

Sahabat gue ngiranya gue boong, karena saat gue bilang jujur, si oknum ini berkelit, awal-awal oknum ini baiikk banget, ngelakuin berbagai cara biar gue bisa memuluskan tujuannya, sahabat gue juga seneng-seneng tapi sembari ngga ngakuin apa yang sebenernya jadi tujuan dia. Gue sempet emang beberapa kali ketemuan sama oknum ini, ngomongin macem-macem, gue jelasin semuanya, gue dengerin apa ceritanya, gue terenyuh saat dia cerita tentang sahabat gue ini yang berhubungan dengan kecurigaan gue selama ini (semuanya terjawab), itu oknum malah kadang sambil nangis-nangis ceritanya ke gue. Damn! Gue berasa Marshanda disinetron.

Capek banget, tapi sulit bagi gue buat menarik diri, sulit banget, gue ngerasa ni oknum baik, gue jadi serba ngga enak-an, dia bisa banget bikin orang ngga enak-an, gue malah nganggep dia jadi kayak abang sendiri. Sahabat gue juga responnya baik ke dia, tapi suka ngomong beda ke gue, ngga suka tapi nerima, lagi-lagi itu hak dia.

Sampai suatu ketika, semua meledak, entah siapa yang mulai, sahabat gue tiba-tiba nulis status yang ngga enak diFB, gue ngga tahu malah, dan si oknum itu yang ngasih tahu, dan minta gue buat sabar. NAH LOH!!! Kok sabar??? Gue salah apa?? Koq tiba-tiba begini???

Kebaca ngga sih temans? Ada skenario apa yang dijalanin?? Semua jadi berbalik menunjuk ke idung gue, salah, gue salah, gue berkhianat, gue tidak setia pada sahabat, gue yang pantas dijauhkan dan diacuhkan. Sahabat gue seolah sangat terluka dengan perlakuan gue yang katanya sudah sangat dia percaya.

Tidak sampai hanya distatus FB aja, semua temen-temen gue juga ikut menyinyir gue, gue dianggap salah oleh semua, oh yaa ngga sampe disitu juga sih, keluarganya juga ikut sakit hati katanya. Entah informasi apa yang mereka terima...

Innalillahi wa innalilaihi rajiun..

Gue ngga bisa berkata apa-apa, gue hancur saat itu, gue sakit, sesakit-sakitnya hati gue. Segitu gampangnya mereka menyalahkan tanpa beri gue kesempatan, minimal buat jelasin? Oh yaa gue lupa, jelasin juga ngga mungkin, karena apa yang gue tahu terlalu bikin sahabat gue sakit, bila sampai ke kuping teman-teman lain, bahkan keluarganya.  

Hellooo.. apa kalian tahu seluk beluk ceritanya? Apa kalian tahu prosesnya? Apa kalian tahu kejadian ini itu? Apa kalian tahu detailnya???

Kerjaan paling gampang kan nyalahin orang lain, dan beruntung gue ngga memilih kerjaan itu, gue lebih pilih nyalahin diri gue sendiri. Gue minta maaf langsung ke sahabat gue (gantlewoman), gue dengerin apa yang dia omongin, dia nyalahin gue karena gue ngga bilang-bilang ketemuan sama si oknum itu, gue berbohong, gue jadi mata-mata, gue gue gue.. bla blaa.. that’s not the point, bagi gue dia nyalahin gue hal-hal yang permukaan, apa dia tahu apa yang gue omongin? Kan dia juga yang nyuruh gue ngga boleh ngomong ini itu/boong? Kenapa gue disalahin?? Kan dia juga yang ngasih nomor hp gue tanpa persetujuan gue pula?? Siapa yang mulaiii???? Siapa yang narik gue kesini??? Hedehhh.. gue masih berharap dia mau sedikit ngakuin apa yang sudah dia perbuat, gue masih mau dia tanpa malu lagi buat ngakuin kalau dia juga salah, gue mau dia bilang ke orang-orang kalau dia salah udah nyalahin gue karena sesungguhnya dia pun salah. Gue ngga berat kesiapa-siapa loh, dan justru gue yang tahu kebenaran dari keduanya. Enak banget kan? 2 lawan 1, salahin aja gue dan masalah kalian clear, nama baik kalian safe, no one knows what is going on, dan yang buruk gue, selesai perkara. Bukan mau gue jadi begini, dan sahabat gue juga tahu bukan mau dia begini, tapi ada campur tangan orang lain supaya semua begini dan semua aman, yap oknum itu. Dia jelas punya kepentingan atas segalanya, sedangkan gue? Apa untungnya sih, yang ada apes!

Tenang, semuanya masih gue keep kok.. sesama muslim harus menjaga aib saudaranya bukan? That’s what i do.. meskipun jadi gue yang tersalahkan, meskipun jadi bahan cemoohan teman-teman, meskipun jadi cibiran sana sini, meskipun pandangan mereka jadi sinis, meskipun kamu benci sama gue, katanya foto-foto diapus-apusin, ngga mau ketemu gue lagi.. Nggak apa-apa..

Justru dengan kejadian ini gue lebih nyaman jadi orang lain ketimbang sahabatnya. :’)

Tulisan ini bukan pencarian dukungan *gue ngga lagi kampanye kok, tapi ini cara gue membela diri gue sendiri yang mungkin selama ini tidak kalian dengar celotehannya, hanya sibuk kalian jelekkan berlebihan, berteriak didepan kalianpun ngabisin tenaga, nah yang gue punya ya blog, dan disini semuanya bebas gue curahin  *karena ini ruang pribadi gue yang ngga pengen ada orang lain atur-atur.

Moral of the story is, jangan pernah menyalahkan orang tanpa tahu seluk beluk masalahnya yaa, bagaimanapun peliknya harus dikomunikasikan, bertanya lebih dulu, jangan nge-dukungan ala preman, yang penting temen, ya gue bela. Itu namanya Begok! Tahu dulu salahnya dimana, kronologisnya seperti apa, kenapa bisa begitu, yang salah perbaiki, maafkan, lupakan, sejatinya manusia pasti berbuat salah, jangan hanya ingin dimengerti tanpa mau mengerti, teman yang setia bukan teman yang selalu meng-iya-kan/nurut apa yang kamu bilang, tapi yang sama-sama mengingatkan akan kebaikan.





1 komentar:

Anonim mengatakan...

dulu waktu sekolah ada tuh temen yang kayak gitu. setiap mata dan jari menuding qt. saat itu sih cuekin aja, suatu saat Alloh pasti tunjukin jalanNya. dan ternyata bener. makin lama, makin banyak temen yang jadi "korban" permainannya dia. dan kini semua pun cukup "tau" lah.

qt doain aja deh yah.. :)

Posting Komentar