Senin, 12 April 2010

Semua Itu Ku Raih Tanpa Beban

Semua itu kuraih tanpa beban..

Entah kenapa, disaat jam-jam malas-malas nya bekerja (jam 2 siang dan seterusnya).. terfikir satu kalimat yang mau ditelaah dan di share lebih lanjut.. so, mari kita mulai..

Teringat waktu masa-masa sekolah dulu.. waktu sd, smp, sma, sampe kuliah, prestasi akademik aku engga bisa dipandang sebelah mata (ciyeeeeeeh..narsis nihh..hehe). Soalnya, aku meraih beberapa pencapaian yang *lumayan* dan semua itu aku raih tanpa beban..

Mengapa begitu??

Ya.. sejak kecil, aku tidak pernah dipaksa ataupun ditekan oleh mama papa untuk menjadi pintar Semuanya seperti berjalan natural saja..

Aku tidak pernah besekolah TK resmi.. YA! Jadi dulu sebagian tanah milik alm. Akiku disewakan buat TK, namanya TK Bumi Nusantara. Letaknya Cuma beberapa meter saja dari rumah. Pada waktu umurku 3 tahunan.. aku sudah merengek2 ke mama mau ikut sekolah, lalu mamaku bilang ke bu Rohana (guru TK) agar aku diizinkan mengikuti kelas TK 0 besar. Akhirnya akupun bersekolah asal-asalan, tidak berseragam seperti yg lain. Akhirnya mama engga tega juga, dan membelikan aku seragam seperti anak yg lainnya. setelah kelulusan, Bu Rohana menyarankan agar aku bisa ikut test masuk SD, katanya aku pintar..(wow..) daaaaan..benar saja..alhamdulillah aku lulus test SD, disaat badan ku masih mungil tenggelam besarnya meja kelas SD ku saat itu..

Di MI (Madrasah Ibtidaiyah/SD) akupun beberapa kali rengking 10 besar, dan pencapaian tertinggi waktu itu rengking 2 (tp lupa kelas berapa). Aku juga aktif di kegiatan Marching band dari mulai main pianika sampai akhirnya jadi Dirigent, tampil diberbagai event2, Dokter kecil, Lomba senam SKJ, Juara 1 Lomba Nyayi mirip Nike Ardilla, menjadi Siaga Pramuka, coba-coba nge-band bareng temen2 lain, belajar keyboard, tampil di acara-acara sekolah dari mulai nari sampe nyanyi ala AB 3.. aku merasa saat2 SD dulu begitu penuh dengan aktifitas yg memang aku senangi.
Berlanjut ke SMP, engga jauh berbeda, di SMP aku dapet kelas yg isinya pinter2 semua.. dari kelas 1 smpe 3 ga pernah ganti temen, itu2 aja..hehe.. aku agak lupa rangking waktu SMP, yg jelas agak susah dulu mencapai 5 besar..saingannya berat.. aku juga masih aktif di Marching Band, sempat coba jadi Penggalang Pramuka, tapi menemukan keasyikan di PMR, tandu, menolong orang, wahh..hal baru lagi yg senang ku jalani..

Saat memasuki SMA di 87, banyak banget yg kepengen aku coba, tapi awal2 aku menyesuaikan diri dulu dengan lingkungan baru, lalu dari awal MOS sudah dikerjain abis2an, dan dilirik buat OSIS, akhirnya aku gabung di OSIS dan mencetuskan Marching Band ada di 87, ikut juga kegiatan kerohanian ROHIS, mentoring, dinominasikan menjadi ketua keputrian, lalu sempat ikut lomba NASYID dan juara, hmm..PMR terus berjalan lho.. malah lebih asyik lagi, makin sering ikutan lomba tandu meski tangan besot2 tp kepuasan bathin banget..hehe.. dan di akhir2 aku ikutan MADING, menorehkan tulisan2 dan ide kreatif, dan berkecimpung langsung membuat buku tahunan sekolah.. dan akhir2 masa SMA di tutup dengan prestasi akademik yang sebelumnya engga pernah aku bayangkan. Aku rengking 1 di semester akhir, dan mendapat penghargaan sebagai SISWI TERBAIK SE-IPS karena nilaiku paling tertinggi saat itu.. huwaaaa..bisa dibayangin betapa bahagianya aku bisa membuat bangga mama yang mendampingi saat kelulusan..

Karena masa SMA ditutup dengan bahagia, aku memulai kuliahpun dengan penuh semangat, jurusannya yang aku mau dan aku suka juga.. KOMUNIKASI – JURNALISTIK.. woww..aku begitu tidak sabar segera ingin belajar. Saat di UIEU pun aku dimenemukan kesempatan untuk berorganisasi, engga tanggung2, aku beserta teman2 yang lain mendapatkan peluang untuk menjadi anggota BEMU-setaraf Universitas, tanpa harus melewati step2 orientasi fakultas dll. Karena saat itu kesempatan bagus dan langka, aku mencoba dan akhirnya bisa masuk ke jajaran kabinet Presiden Mahasiswa Moh. Sabeni sebagai Staff Departemen Pendidikan. Benar2 pengalaman baru dan aku belajar banyak disitu, aku sempat jadi Ketua Panitia Seminar Sex Education, dan segambreng kepanitiaan. Setelah itupun kesempatan berlanjut dan aku aktif di organisasi tingkat Universitas. Eits meski aktif organisasi, IP ku engga pernah jelek lohh..3, sering sekali mengiasi lembaran hasil IP ku.. (alhamdulillah).. Saat sidang magangpun aku mendapat pujian dari petinggi Fakultas, dan hasilnya pun sangat sempurna A.. dan Skripsi..ya walaupun terlambat 1 semester (konsekwensi dr apa yg aku jalani) skripsikupun terbilang ‘unik’, aku mengangkat tema yg jarang disentuh oleh sebagian besar mahasiswa komunikasi, dan bimbinganpun terasa begitu lancar, tak banyak revisi yg berarti, narasumber yg aku dapat juga begitu kompeten, sekelas produser Metro Tv yang bisa leluasa aku temui sambil makan siang.. dan hasil akhirnya.. aku lulus dengan predikat Cum Laude, yaa.. 3.52 terpampang di transkrip nilaiku.. subhanallah.. tidak hentinya bersyukur..

Percaya atau tidak, semua itu aku raih tanpa BEBAN..

Begini analisisnya, kebanyakan orang sudah terbebani dengan hasil akhir, atau tuntutan dari orang tua, mengharapkan sesuatu yang belum dijalani, dan terus menerus fokus pada hasil akhir saja.. padahal seharusnya dia bisa menikmati prosesnya, mengeksplore dirinya, menemukan bakat2 lain, dan menjadi lebih kaya akan pengalaman..

Aku percaya akan proses, kalau kita menjalani dengan sungguh2, Tuhan tidak mungkin mengecewakan kita pada hasil akhirnya..



*terimakasih hati, yang memberiku banyak inspirasi ^_^
with love : qey_noura

3 komentar:

Blackrose mengatakan...

sebelumya gw minta maff noura klo gw sllu coment di blog lo...

bisy blog lo bak candu buat gw..bawany pgen

liat blog lo trus...

semua tulisan noura bkin motivasi ..


"Aku percaya akan proses, kalau kita menjalani

dengan sungguh2, Tuhan tidak mungkin mengecewakan

kita pada hasil akhirnya.."


ap iya proses yg sungguh2 akn mghsilkan akhir

yang tidak mengcwakan...


soaly smpe sat ini gw masih terpuruk ..

gw udh cba tpi ttp aj ega ada perubahan dlam hidup gw

noura....


gw mrsa orng yg plig tidak bruntug di dunia noura...


yah mgkin ini udh nasib gw kaleee...

Rieke Ardiani mengatakan...

ya tujuan blog ini kan emang buat dibaca..so sah2

aja qlo dibaca terus..

motivasi??yakin??syukurlah..ga sia2 qlo gitu..hehe..

kadar 'sungguh2' tiap orang itu beda2..ya intinya

Tuhan tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum

kaumnya itu merubah nasibnya sendiri..

so tetep terus dan terus berusaha ofcourse dengan

dukungan berdoa, jalani perintah Tuhan..karena

sekecil apapun yg terjadi di kehidupan ini pastilah

atas izin-nya..

tp qlo anda ga pnya Tuhan saya bingung deh tuh

ngasih masukkannya..hahaha..*qlo ga ngerasa ga

perlu tersinggung...wkwkwk..

thanks

Blackrose mengatakan...

ooohh jdi gtw toh ...intinya doa N usaha terus

menerus..tnxx 100x noura atas siraman rohaninya

yang menyejukan hati..:)


yeee kta kan lum knal..koq maen tebak2 aj gw ga

punya tuhan..gw punya tuhan kalee...

so tau deyyhhh noura ..;p


...hahaha terawangan jeung salah!! hancur dech

reputasi noura sebagai paranormal..wkwkwkwkwkw...

Posting Komentar